\

PENGUMUMAN PELELANGAN PENGADAAN / SELEKSI OPERATOR BUSLINE

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, hingga akhir tahun 2011 lalu telah menempatkan sedikitnya 10 unit Close Circuit Television (CCTV) di 10 persimpangan lampumerah.

 

Pemasangan CCTV ini merupakan salah satu bagian dari program Auto Traffic ControlSystem (ATCS) yang bertujuan untuk menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalanraya dan mengaturnya secara otomatis.

 

"Pengaturan lalu lintas melalui sistem ini memerlukan parameter jumlah kendaraan sehingga kemacetan bisa segera diurai,"ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang,Fatchulhadi kepada penulis.


Program ATCS ini dikatakan Sekdis diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan, karena sistem ini akan mengatur lampu rambu lalu lintas secara otomatis, dimana yang saat ini beberapa simpang masih dipakai sistem lama, yang jadwal perpindahan lampunya masih ditentukan manual beberapa menit.

 

Bila sistem ATCS sudah berjalan disemua simpang, ia akan berjalan otomatis sesuai dengan debit kendaraan dan kepadatanjalan raya. Dengan pemasangan CCTV pada persimpangan-persimpangan yang merupakan simpul kemacetan di Kota Tangerang juga bisa dimanfaatkan sebagai alat survey.

 

Dishub sendiri telah menyiapkan ruangan khsusus yang berfungsi sebagai Traffic Management Control (TMC) yang dioperatori oleh tenaga ahli.

 

Sedangkan pada 2012 ini Dishub berencana akan membangun 10 unit dan mengupgrade sekitar tujuh unit Traffic Light di beberap persimpangan yang ada di Kota Tangerang. "Mudah-mudahan pada 2013 mendatang seluruh persimpangan di Kota Tangerangsudah terintegrasi dalam satu jaringan ATCS , sehingga lalu-lintas di Kota Tangerang ini bisa lebih teratur dan nyaman,"tegasnya.

 

Hingga saat ini 10 titik yang telah dipasangi kamera CCTV tersebut adalah, Persimpangan Modern Land, Persimpangan PLN,Persimpangan Rel, Persimpangan kantor Puspemkot, persimpangan Tanah Tinggi,Persimpangan TMP Taruna, Persimpangan Kodim, Persimpangan Tanah Gocap, PersimpanganGerendeng dan Persimpangan UNIS.

BERITA LAINNYA

14 Aug 2012 00:00

Ratusan Guru Ngaji, Amil…